CRM (Costumer Relationship Management) merupakan sebuah
strategi bisnis yag menyeluruh dari suatu perusahaan yang memungkinkan perusahaan
tersebut secara efektif bisa mengelola hubungan dengan para pelanggan.
Sasaran dan tujuan dari CRM adalah sebagai berikut :
Sasaran :
- Meningkatkan pertumbuhan jangka panjang.
- Profitabilitas perusahaan melalui pengertian yang lebih baik terhadap kebiasaan (behavior) pelanggan.
Tujuan :
- Menciptakan layanan pemuasan.
- Meningkatkan laba perusahaan.
·
Menampilkan suatu konsistensi / eksistensi.
Fungsi – fungsi dalam CRM : Mengidentifikasi faktor – faktor
yang penting bagi pelanggan, Mengadopsi pengukuran berdasarkan sudut pandang
pelanggan, Membangun proses ujung ke ujung dalam melayani pelanggan, Menyediakan
dukungan pelanggan yang sempurna, Menangan keluhan/ komplain peanggan, Mencatat
dan mengikuti semua aspek dalam penjualan.
Beberapa aplikasi dari CRM, diantaranya :
1.
Bisnis Intelijen
2.
Sales Force Automation
3.
Marketing Automation
4.
Call Center/ Servis
0 komentar:
Posting Komentar